Rabu, 15 Februari 2023

9 Hal penting untuk menjawab peluang dan tantangan Chat-GPT dalam perspektif sosiologi pendidikan

Salam, hai sahabatku,  Generative Pre-Trained Transformer atau yang dikenal dengan Chat-GPT merupakan chatbot yang bisa menjawab pertanyaan user dengan langkah yang sama seperti manusia namun dalam bentuk teks otomatis. Kemunculannya membuat panik para pekerja yang terancam tergantikan oleh AI, tidak terkecuali para pendidik (guru dan dosen) yang khawatir akan terdisrupsi dan akan terjadi plagiarisme masal oleh siswa/mahasiswa karena kecerdasan buatan tersebut. 

Munculnya teknologi AI yaitu ChatGPT juga mengancam keberadaan Google karena saat ini sudah diunduh oleh lebih dari 100 Juta orang. Hal ini yg membuat Google juga meluncurkan Chatbot baru dari mereka yang bernama Bard. 

Menanggapi Difusi dan adopsi inovasi teknologi AI tersebut, saya telah merangkum 9 Hal penting untuk menjawab peluang dan tantangan Chat-GPT dalam perspektif sosiologi pendidikan:


1. Critical Thingking

2. Memotivasi Siswa/Mahasiswa

3. Melakukan Dialog Kritis antara pengajar dan Siswa

4. Pembelajaran Kontekstual

5. Disrupsi Metode Pembelajaran Konvensional. 

6. Perubahan Sosial dan Pendidikan di Era 5.0

7. GPT-Classifier (alat cek keaslian tulisan oleh AI atau manusia) 

8. Social Construction Of Technologi Chat-GPT

9. Strukturasi Pengguna Chat-GPT


Selengkapnya bisa di simak divideo. Selamat menonton, jangan lupa subscribe, like, coment, and share ๐Ÿ™๐Ÿปsuport sahabat semuanya akan membuat chanel ini semakin bermanfaat.

Bagaimana pengalaman sahabat dalam menggunakan Chat-GPT? Coment dibawah ya ๐Ÿ‘Œ๐Ÿป

0 komentar:

Posting Komentar