Jumat, 28 April 2017

Braindilog Sosiologi Indonesia

Perkumpulan Braindilog Sosiologi Indonesia berdiri pada tanggal 5 November 2015. Awalnya Perkumpulan ini adalah sebuah Komunitas dengan nama Braindilog Sociology. Komunitas Braindilog Sociology adalah komunitas yang memiliki kultur diskusi dan literasi, untuk meneruskan pemikiran tokoh sosiologi khususnya tokoh Sosiologi Indonesia, mengulas berbagai teori Sosiologi, fenomena dan permasalahan sosial dengan agenda rutin diskusi setiap bulan kemudian dipublikasikan melalui media web www.braindilogsociology.or.id. Seiring berjalannya waktu, Komunitas Braindilog Sociology membentuk sebuah Struktur kepengurusan untuk menguatkan kultur yang selama ini telah terbangun.

Perkembangan kegiatan dan bertambahnya anggota dari berbagai kalangan mulai dari (Dosen, Guru, Peneliti, Penulis, Mahasiswa, Dinas Sosial, Aktivis LSM, Fasilitator Kesehatan, Verifikator Kependudukan, Karyawan Swasta, Fotografer, Wiraswasta, Rohaniawan, dll.) berdomisili di 18 Provinsi di Indonesia (Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Derah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Aceh, Nusa Tenggara Barat, dan Gorontalo) mengantarkan Komunitas ini menjadi sebuah Perkumpulan yang berbadan hukum. Setelah di legalkan dalam bentuk perkumpulan keilmuan sosial, maka komunitas ini berubah nama menjadi Braindilog Sosiologi Indonesia dengan legalitas Kementrian Hukum dan HAM Nomor AHU-0003048.AH.01.07.Tahun 2018.

Braindilog merupakan kepanjangan dari Brainstorming, Dialectic, dan Logic. Sebuah konsep dan metode diskusi yang di lakukan dengan 3 Tahapan. Pertama, dalam diskusi semua peserta diberi kesempatan memberi masukan dan Pendapat terhadap tema diskusi yang dipandu oleh moderator (brainstorming), kedua,  untuk lebih mendalami pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi dilakukan dialog dua arah antara peserta yang memberikan pendapat dengan peserta lain dipandu oleh moderator (dialectic). ketiga, sebagai dasar analisisnya menggunakan pembenaran-pembenaran yang bisa dipertanggungjawabkan secara empiris (logic).


Braindilog sekarang telah diterapkan dalam diskusi teori-teori sosiologi, fenomena sosial, masalah sosial, dan kajian teori-teori sosial (dengan kegiatan nongkrong sosial) diberbagai daerah. Kami membuka kesempatan kepada komunitas-komunitas yang bergerak dibidang pengembangan keilmuan sosial, menggali, dan mempertahankan kearifan lokal di Indonesia untuk saling bahu membahu bersama kami.

Sebagai sebuah perkumpulan Braindilog dalam struktur memiliki dewan pengawas yang selama ini membina, mendukung, dan memberikan berbagai masukan untuk mengembangkan ilmu Sosiologi Indonesia. Pertama, Sebagai Ketua Dewan Pengawas Prof. Dr. R.B. Soemanto, M.A. Kedua, Sebagai Wakil 1 Dewan Pengawas Drs. Y. Slamet, M.Sc., Ph.D. Ketiga Sebagai Wakil 2 Dewan Pengawas Hamzah Fansuri, S.Ip., M.A. Keempat, Sebagai Wakil 3 Dewan Pengawas Dr. Syarifuddin Jurdi, M.Si.


Visi kami adalah Mengawal Perkembangan Ilmu Sosiologi di Indonesia menuju otonomi teori Sosiologi Indonesia yang berlandaskan nilai, norma, dan kebermanfaatan masyarakat Indonesia. Selama ini mayoritas permasalahan di Indonesia dianalisis menggunakan teori barat yang karakteristik masyarakatnya berbeda dengan Indonesia dan menurut kami cara itu kurang tepat. Oleh karena itu, kami membentuk Braindilog Sosiologi Indonesia untuk menggalang, mengorganisir, dan menggerakkan pegiat ilmu sosial dengan visi mengembangkan otonomi teori sosiologi Indonesia dan ranah keilmuan sosial lainnya.

Misi Kami adalah mengkaji kearifan lokal masyarakat Indonesia untuk menjawab berbagai permasalahan sosial di Indonesia; Menggali ke-khas-an teori Sosiologi Indonesia dari kearifan lokal masyarakat Indonesia; Menciptakan badan usaha bidang penerbitan guna mempublikasikan temuan-temuan ke-khas-an teori Sosiologi Indonesia dan membentuk budaya literasi; Membentuk media dalam jaringan sebagai wadah komunikasi dan Informasi perkumpulan Braindilog Sosiologi Indonesia; Menjalankan fungsi penelitian dan pengabdian masyarakat untuk mentransformasikan pengetahuan agar bermanfaat untuk masyarakat Indonesia. Kami bertekad untuk bersama-sama meneliti, megembangkan teori Sosiologi khas Indonesia, dan menyebarkan ilmu Sosiologi kepada masyarakat umum dengan bahasa yang mudah dipahami. Sehingga dapat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. Di bawah ini adalah nama-nama pengurus Perkumpulan Braindilog Sosiologi Indonesia: 

NO.
NAMA & GELAR
ALAMAT
1.
A Zahid, S.Sos.,M.Si
Madura – Jawa Timur
2.
Alan S Fibrianto, S.Pd.,M.Sos
Wonogiri – Jawa Tengah
3.
A. Agnes Zogara, S.Sos.,M.Si
Kupang – Nusa Tenggara Timur
4.
Annisa N Dewi, S.Sos.,M.Sos
Semarang – Jawa Tengah
5.
Dani Bina Margiana, S.Sos
Purbalingga – Jawa Tengah
6.
Erna Megyawanti, S.Pd
Karanganyar – Jawa Tengah
7.
Lita Nala Fadhila, S.Sos
Jepara – Jawa Tengah
8.
Marina Tri H, S.Pd.,M.Sos
Sukoharjo – Jawa Tengah
9.
Marini K. S, S.Sos.,M.Sos
Banda Aceh – Aceh
10.
Mentari, S.Sos.,M.Sos
Bener Meriah – Aceh
11.
Samuel DHM Benu,S.Sos.,M.Si
Kupang – Nusa Tenggara Timur
12.
Suryo Waskito Aji, S.Sos
Surakarta – Jawa Tengah
13.
Syamsul Bakhri, S.Pd.,M.Sos
Tegal – Jawa Tengah
14.
Widiastuti Fikliana, S.Pd.,M.Si
Lombok Timur – NTB

Dibawah ini daftar anggota resmi Perkumpulan Braindilog Sosiologi Indonesia:



Selain Pengurus Pusat dan Dewan Pengawas Braindilog juga memiliki TIM Pengembangan keilmuan yang bertugas membuat program karya pengembangan keilmuan Sosiologi Indonesia dan menjembatani para pegiat sosial atau komunitas yang ingin bergabung dengan Braindilog. Tim pengembangan keilmuan terdiri dari Teguh Hindarto, S.Sos.,Mth Sebagai Ketua, Khamalida Fitrianingsih, S.Pd Sebagai Wakil 1, dan Dzikrillah Wadya Arfindra, A.S., A.S.S., S.Pd sebagai wakil 2.


Dengan ini kami Perkumpulan Braindilog Sosiologi Indonesia menyatakan bahwa adanya kesempatan bagi pegiat ilmu sosial, praktisi, mahasiswa, dosen, komunitas, dan lain-lain yang bergerak dibidang pengembangan keilmuan sosial dapat berkolaborasi, bersinergi bersama, dan mengembangkannya diberbagai daerah di Indonesia, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  1. Terdaftar Sebagai Anggota Braindilog Sosiologi Indonesia.
  2. Memiliki ketertarikan terhadap Ilmu-Ilmu Sosial.
  3. Aktif melakukan diskusi minimal terdiri dari 5 orang dan dilakukan secara rutin.
  4. Memiliki minat terhadap pengembangan teori Sosiologi Indonesia.
  5. Mengirimkan Artikel Ilmiah dengan analisis sosiologi ke email braindilogsociology@gmail.com, download sistematika penulisan 
  6. Membuat MOU Kerjasama dengan pihak Braindilog Sosiologi Indonesia yang ditandatangani oleh kua belah pihak.
  7. Tidak mengandung ungsur Politik, SARA, dan Aksi yang bertentangan dengan idiologi bangsa Indonesia.
Jika ingin mendaftar menjadi anggota Braindilog Sosiologi Indonesia silahkan isi formulir pendaftarannya secara online dengan klik: Formulir pendaftaran anggota Braindilog. Berikut ini alamat media sosial Braindilog, FB: braindilog, Twitter: @braindilog, Instagram: @sosiologi_braindilog, dan untuk Info lengkap komunitas, diskusi,  menulis dan undangan bisa diakses melalui: http://braindilogsociology.or.id

0 komentar:

Posting Komentar