Jumat, 09 Februari 2024

Kajian Flexing Melalui Kacamata Sosiologi

Flexing, perilaku seseorang yang memamerkan atau menunjukkan kekayaan atau kemewahan miliknya, baik secara langsung maupun melalui media sosial. Flexing bukan hanya perilaku seseorang yang menggunakan barang mewah atau menjalani kehidupan yang glamor, flexing ditekankan pada memamerkan. Kata ini krusial, karena sudah terdapat banyak kasus dimana beberapa orang melakukan flexing menggunakan barang yang bukan milik mereka, terkadang merupakan barang sewaan maupun curian. Hal ini dapat kita artikan bahwa seseorang berusaha keras atau menaruh effort untuk dapat melakukan flexing

Masyarakat Indonesia sendiri pun merupakan contoh masyarakat yang senang dengan konten yang berisi kegiatan flexing. Hal inilah yang mendukung semakin maraknya tren flexing didalam masyarakat, dilihat dari sisi content creator yang mendapat jaminan bahwa peminatnya akan banyak, dan dari sisi lainnya, yaitu dunia nyata sekitar kita, flexing menjadi sebuah tanda yang menunjukkan status ekonomi seseorang, khususnya mereka pada pandangan komunitas mereka. 

Melalui hal tersebut saya ingin mengkaji mengapa banyak orang melakukan flexing dengan 2 teori, yaitu teori looking-glass self dari C.H Cooley dan teori dramaturgy dari Erving Goffman. Pertama, akan saya mulai dengan teori looking-glass self, teori ini merupakan pandangan Cooley yang melihat analogi antara pembentukan diri seseorang dengan perilaku orang yang bercermin (Sunarto, 2000:25). Looking-glass self terbentuk melalui tiga tahap. Tahap pertama yaitu imajinasi tentang bagaimana seseorang tampil di hadapan pihak lain. Pada kasus flexing kita dapat melihat ini sebagai cara mereka menunjukkan kemewahan mereka. Bisa dari menggunakan barang branded, memiliki atau mengendarai mobil sport seperti Ferrari atau Mustang, memiliki rumah yang luas, memiliki kendang harimau dsb. Terkhusus di Indonesia pula, ada banyak influencer dan artis yang memusatkan konten mereka dalam memamerkan kekayaan mereka. Berlanjut, tahap kedua adalah imajinasi tentang bagaimana orang lain menilai penampilan tersebut. Pada sebagian besar kasus, perilaku flexing oleh seseorang didukung oleh tahap kedua ini. Karena melalui penampilannya pada tahap pertama, mereka akan menginginkan orang untuk menilai mereka sebagai orang yang terpandang dan memiliki status ekonomi yang lebih tinggi dari para penonton. Sering terjadi juga dimana orang-orang mengakui mereka hanya dengan harta kekayaan tadi. Lalu melalui kedua imajinasi tersebut, kita berlanjut pada tahap ketiga yaitu reaksi emosional terhadap penilaian pihak lain. Pada flexing terdapat dua reaksi, yaitu “suka” atau caci maki. Akan ada orang yang senang dengan konten mereka dengan alasan “menghibur kemiskinanku” dengan konteks candaan positif atau mereka juga pikir menyenangkan melihat orang pamer kekayaan, hal ini biasanya berakhir dengan sang influencer menjadi meme. Lalu ada caci maki, caci maki ini berisi orang-orang dengan perasaan iri dengki akan harta kekayaan orang lain dan biasanya akan berisi komentar kebencian seperti “gw paling males nonton yg konten nya begini”. Berlanjut pada tahap ketiga kita dapat melihat keberlajutan sang influencer setelah mendapat komentar-komentar tadi. Mereka bisa saja berhenti membuat konten, melanjutkan flexing bahkan dengan skala yang lebih besar, atau bisa juga dalam beberapa kasus mereka tertangkap bahwa menggunakan barang palsu ataupun barang sewaan, dan di Indonesia, kasus seperti itu akan menambah ke-viral-an mereka. Sehingga nama mereka menjadi lebih besar karena diundang ke acara TV nasional yang membahas gossip. 

Teori kedua yang saya kaitkan adalah teori dramaturgy oleh Erving Goffman, sebagai salah satu bagian dari teori interaksionisme simbolik, dramaturgy menggambarkan kita sebagai aktor yang sedang berperan pada teater, istilah aktor ini mengacu pada kita yang memiliki perilaku yang berbeda dalam setiap situasi tergantung pada dengan siapa kita berinteraksi. (Sunarto,2000:235) Ada dua peran umum yang dimainkan oleh tiap individu, yaitu front stage dan back stage. Melalui teori ini saya melihat front stage (penampilan yang kita buat sehingga

dapat memberi impresi yang baik pada orang-orang) orang yang melakukan flexing sebagai orang yang ingin menunjukkan diri mereka di depan audience sebagai seorang yang hebat dan pastinya kaya raya. Namun saya berpikir, bagaimana dengan kehidupan backstage mereka? Backstage sendiri merupakan sisi diri kita yang ditujukan pada orang yang lebih dekat. Saya pikir bisa saja mereka sebenarnya bukan orang yang senang pamer, namun mereka butuh perasaan bahwa mereka lebih tinggi dari orang agar tidak diremehkan di dunia luar. Dimana hal ini bisa saja dipicu oleh pengalaman tidak menyenangkan pada masa lalunya. 

Akhir kata, menurut saya pribadi, flexing bukanlah suatu masalah. Bagaimanapun kegiatan flexing melalui sosial media dapat dinikmati maupun tidak dinikmati seorang tergantung preferensi konten individual. Melalui sisi lain, flexing mungkin juga satu-satunya jalan yang dapat dipikirkan oleh seseorang untuk menggapai image yang mereka inginkan, yaitu image orang terpandang yang untouchable, baik hal itu untuk membantu dia meraup keuntungan (jika sebagai content creator), maupun agar Ia dapat merasa diterima di dalam masyarakat, karena bisa saja dia merasa setidaknya dengan flexing banyak orang yang memperhatikan dia. Reaksi yang kita berikan akan mempengaruhi budaya flexing dan segala keputusan yang diambil oleh influencer kedepannya, karena mereka sebagai aktor masing-masing tentunya memiliki reaksi audience yang mereka dambakan. 

Bahan Bacaan:  Sunarto, Kamanto. 2000. Pengantar Sosiologi Edisi Kedua. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

 

Karya: KEIRA RENATA TIURMA SMAK 3 PENABUR JAKARTA

0 komentar:

Posting Komentar